MULTIMEDIA
STIMIK AMIKOM JOGJAKARTA
Apa yang sahabat ketahui tentang
Multimedia itu ?. Sebuah pelajaran, ilmu, ataukah sebuah profesi.? Nah pada
postingan kali ini saya akan membahas mengenai Multimedia. Apa itu
Multmedia.?
PENGERTIAN
MULTIMEDIA
Multimedia memiliki banyak sekali
arti atau pengertian. Dean (1996) menyatakan bahwa istilah multimedia itu
berasal dari teater, yaitu pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu media
di panggung yang mencakup Layar Video, synthesized band, dan manusia sebagai
bagian dari sebuah petunjukan. Namun pengertian itu sedikit berbeda dengan
pengertian yang sebelumnya, (McLeod, 1996) berpendapat bahwa Multimedia tediri
dari dua kata yaitu “Multi” dan “Media”, istilah multimedia dalam hal ini
adalah suatu sistem yang terdiri dari perangka keras, perangkat lunak
(software), atau alat-alat lain seperti televisi, monitor video, dan sistem
piringan optik atau sistem stereo yang dimaksudkan untuk menghasilkan sajian
audio visual penuh.
Berikut adalah nama beberapa pakar yang mengartikan
istilah Multimedia :
1. Mc Cormick, 1996
2. Turban, dkk., 2002
3. Robin dan Linda, 2001
4. Hofstetter, 2001
ELEMEN MULTIMEDIA4. Hofstetter, 2001
Menurut James A. Senn (1998), Multiedia terbagi dalam beberapa elemen seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
1. AUDIO
Audio (suara) adalah komponen multimedia yang dapat berwujud narasi, music, efek suara atau penggabungan antara ketiganya.
2. VIDEO
Video merupakan sajian gambar dan suara yang ditangkap oleh sebuah kamera, yang kemudian disusun kedalam urutan frame untuk dibaca dalam satuam detik.
3. ANIMATION
Animation (Animasi) merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layer.
4. IMAGE
Image (Grafik) merupakan hasil sebuah pengambilan citra yang didapat melalui alat penangkap
citra, seperti kamera dan scaner, yang hasilnya sering disebut dengan gambar. Gambar itu bisa
berwujud sebuah ikon, foto ataupun sebuah simbol.
5. TEXT
Bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendaikan adalah teks. Teks dapat
berbentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa. Kebutuhan teks
sendiri bergantung pada penggunaan sebuah aplikasi multimedia itu.
6. VIRTUAL REALITY
Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, komponen atau elemen multimedia bertambah
satu lagi yaitu Virtual Reality. Virtual reality memungkinkan terjadiya hubungan timbal balik antar
user dengan aplikasi multimedia secara nyata. Contohnya seperti Microsoft Surface atau Eye Toy
PS 2.
Selain keenam Element diatas, ada sebuah Perangkat Lunak atau sering kita sebut Sebagai Software.
Untuk membuat sebuah sajian multimedia bisa jadi diperlukan lebih dari satu software karena kebanyakan software multimedia hanya berkonsentrasi pada satu atau dua kompunen saja. Untuk mengolah suara misalnya, diperlukan software yang berbeda dengan yang diperlukan untuk mengolah gambar. Menurut pendapat Senn (1998), secara umum software multimedia dapat digolongkan menjadi empat keompok, yaitu: Software Capturing, Software Editing, Software Authoring, dan Software Viewer.
Oke dari keempat software diatas akan saya ulas sedikit dari setiap softwarenya.
1. Software Capturing
Software capturing adalah software multimedia yang hanya digunakan untuk mengubah informasi multimedia, seperti suara, gambar, dan video dari format analog menjadi format digital. Software ini berguna terutama pada pemilihan media dalam tahap perancangan isi. Contohnya: Adobe Sound Booth untuk merekam suara, Adobe Photoshop untuk menscan foto, Adobe Premiere Pro untuk meng-capture Video, dan Adobe Captivate untuk merekam aktifitas dekstop.
2. Software Editing
Software editing adalah software yang digunakan untuk menciptakan, mengubah, menamba, mengurangi, atau menggabungkan komponen multimedia sehingga menjadi sebuah sajian multimedia yang utuh dan menarik. Contohnya: Adobe Sound Booth untuk mengolah suara, Adobe Photoshop untuk mengolah gambar, Adobe Premiere Pro untuk mengolah video, dan Adobe Effecs untuk mengolah animasi atau efek khusus.
Software authoring adalah software yang digunakan untuk membuat sajian multimedia interaktif. Contohnya Microsoft Power Point, Adobe Dreamweaver, Adobe Director, dan Adobe Flash.
Software viewer adalah software yang digunakan untuk melihat, menjalankan, atau memainkan hasil karya multimedia. Contohnya QuickTime Player, Windows Media Player, atau WinAmp.
Akan tetapi seiring perkembangan teknologi informatika batasan-batasan software tersebut sudah mulai hilang. Ada software yang mampu berperan ganda, seperti Adobe Priemere Pro yang selain sebagai software editing dapat pula digunakan sebagai software capturing. ACD See selain sebagai viewer juga memiliki kemampuan untuk mengedit gambar.
Mungkin itu yang bisa saya ulas pada postingan kali ini. Sampai berjumpa pada potingan selanjutnya.
and See You Next Pos Guys.. :-)