BISNIS DESAIN

BISNIS DESAIN


KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS

"Desain Grafis"




 STMIK AMIKOM JOGJA 





disusun oleh :
WISNU GUSNANDAR WIBOWO
15.11.9262
S1-TI-11






ABSTRAK

Di zaman serba digital seperti saat ini, desain grafis perkembangannya sangat pesat dan menjadi salah satu cabang ilmu yang telah menjadi primadona bagi setiap orang. Mengapa? Karena dijaman sekarang begitu banyak bidang usaha yang membutuhkan penguasaan ilmu dari sebuah Desain. Beberapa bidang yang amat membutuhkan keberadaan dari seorang desainer grafis diantaranya adalah dunia periklanan, dunia pengemasan atau packing, perfilman, internet, bisnis properti, dan Website seperti STMIK AMIKOM JOGJAKARTA yang di kemas dengan sentuhan grafis yang sangat indah dan menarik. Hasil akhir dari desain grafis bisa kita temui seperti dalam bentuk majalah, buku, koran, kartu pos, kartu nama, poster, buletin, selebaran, logo pada kemasan produk, kalender, dan sebagainya. Cakupan dari desain grafis sangat luas dan bahkan sampai tidak terbatas.
Desain grafis merupakan sebuah bentuk seni lukis yang menggunakan media digital. Layaknya soerang pelukis, seorang desainer grafis dapat memilih, menciptakan, atau mengatur ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan untuk diproduksi dan dipublikasikan sebagai suatu pesan. Nah, jika Anda memiliki kemampuan dan minat dengan dunia desain grafis atau bahkan telah mengantongi ilmu desain grafis secara formal, tidak ada salahnya anda membangun usaha sendiri dengan memanfaatkan keahlian yang Anda miliki dan pelajari dengan susah payah tersebut.


ISI


      Sebagian besar orang berpendapat bahwa mereka yang bisa disebut sebagai seorang desainer grafis adalah seseorang yang sangat pandai menggunakan aplikasi-aplikasi desain seperti Adobe photoshop, corel draw, flash, dan softwere desain yang lainnya. Ternyata pemikiran atau tanggapan seperti itu salah, itu semua hanyalah alat untuk menciptakan sebuah desain saja bahkan mungkin itu semua hanyalah kebutuhan nomor sekian yang di butuhkan oleh seorang desainer grafis.
Yang terpenting dari seorang desainer grafis adalah kemampuan berkomunikasi dalam implementasi kreasi visual yang dihasilkan dari olah pikir dan imajinasi. Konsep dari desain yang tertuang dalam goresan pena terasa hampa jika tidak bermakna dan tidak mliki fungsi. Illustrasi pun terasa hambar jika tanpa adanya unsur Seni dan Estetika. Dengan adanya akal pikiran inilah kita bisa mengolah karya grafis sehingga bermanfaat, memiliki fungsi dan memiliki nilai estetis. Peralatan utama yang biasa digunakan oleh desainer grafis adalah akal, mata, tangan, alat-alat tradisional (seperti pensil atau tinta), dan komputer.
Sebuah konsep biasanya tidak bisa dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dituangkan dalam bentuk visual. Bagaimanapun, alat yang paling utama dan paling diperlukan dalam menciptakan desain adalah akal (imajiner). Sebuah pemikiran yang kritis, observasional, kuantitif, dan analitik juga dibutuhkan untuk merancang dan merealisasikan konsep tersebut.

Berikut adalah langkah-langkah sebagai persiapan awal yang harus dilakukan untuk memulai bisnis desain grafis adalah sebagai berikut:

Yang pertama dan utama tentu ialah keahlian Anda dalam menggunakan program dan perangkat lunak yang berhubungan erat dengan dunia desain grafis. Beberapa program pengolah grafis di antaranya yang paling sering digunakan ialah Adobe Illustrator, Beneba Canvas, CorelDraw, Macromedia Freehand, Metacreations Expression, Adobe Photoshop, Corel Photo Paint, dan sebagainya. Ini adalah sebagai modal utama Anda dalam menjalankan usaha.
Desain grafis berkaitan dengan selera, dan selera merupakan hal yang sangat subjektif. Anda harus sebisa mungkin mengerti selera dari pelanggan. Untuk ini, Anda harus sedikit bersabar terutama jika menghadapi costumer yang suka memperhatikan detil-detil yang rumit dan sulit.
Selalu perbaharui dan perdalam pengetahuan anda mengenai tren terbaru dalam dunia desain grafis. Ini merupakan sebuah dunia dengan tingkat kreativitas yang tinggi sehingga akan menjadi sebuah kelebihan bagi usaha Anda jika dapat selalu mengikuti perkembangan atau bahkan akan lebih baik jika Anda memberikan sebuah terobosan terbaru.
Jalin hubungan yang baik sebanyak mungkin, terutama dengan orang yang Anda pandang akan menjadi calon klien potensial.
Kemampuan komunikasi interpersonal yang baik juga diperlukan untuk mempromosikan diri Anda sendiri. Saat bernegosiasi, Anda harus menggunakan kemampuan ini untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Setelah langkah-langkah persiapan dilakukan, hal selanjutnya yang harus di kerjakan adalah realisasi, adapun langkah-langkah realisasi adalah sebagai berikut:

Buatlah sebuah riwayat hidup yang berisi prestasi apa saja yang sudah Anda capai dalam berbagai bidang pekerjaan dan sebuah portfolio yang berisi contoh-contoh desain milik Anda yang dipandang paling baik.
Patok harga dengan bijak. Menentukan tarif memang agak memusingkan karena tidak ada standar pasti. Namun, Anda akan dapat menetapkan standar sendiri setelah melakukan survei dan observasi terhadap desainer grafis lainnya. Mungkin awalnya Anda harus mematok harga yang relatif lebih rendah agar dapat bersaing tetapi sedikit demi sedikit Anda harus menaikkannya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kualitas service dan karya Anda.
Adakan kerjasama dengan individu atau organisasi yang sekiranya membutuhkan jasa desain grafis. Orang-orang atau perusahaan yang bergelut di bidang film, periklanan, atau media massa biasanya sangat membutuhkan jasa seorang desainer grafis
Setelah dua tahap di atas anda kerjakan, hal berikutnya yang sangat penting adalah dalam hal pemasaran atau marketing, prinsipnya adalah, bagaimana cara agar orang lain menegenal anda serta mengetahui bahwa anda adalah seorang desainer, akan menjadi percuma jika anda mempunyai kemampuan yang sangat luar biasa hebat dalam bidang desain, tapi tidak ada seorang pun yang mengetahui kemampuan anda tersebut, maka disini peran strategi marketing sangatlah penting, berikut adalah strategi atau langkah-langkah marketing yang harus anda lakukan: 

Bergabung dan rajinlah berinteraksi dengan sesama desainer grafis freelance lainnya dalam berbagai forum offline/ online, wadah, maupun komunitas. Beberapa tempat yang bisa menampung ialah kaskus.co.id, www.ruangfreelance.com, dan sebagainya. Interaksi dengan orang-orang yang menekuni bidang yang sama akan memberikan wawasan dan pengetahuan yang lebih banyak. Anda juga akan mendapatkan lebih banyak peluang. Terkadang dijumpai sesama desainer grafis freelance yang saling bekerjasama dan mendirikan usaha bersama-sama agar bisa menjaring peluang yang lebih banyak.
Rajin kunjungi situs-situs yang menjadi penghubung antara freelancer dan calon pelanggan, seperti scriptlance.com, elance.com, odesk.com, dan sebagainya.
Buatlah blog dengan nama Anda sendiri. Jadikan blog Anda menjadi sebuah portofolio online yang bisa diakses oleh calon pelanggan kapan pun dan di mana pun. Dengan memiliki sebuah blog (baik gratis atau berbayar), Anda bisa ‘memamerkan’ kepiawaian Anda dan menarik orang untuk bekerjasama dengan Anda.
Miliki akun jejaring sosial. Banyak desainer grafis freelancer yang menggunakan jejaring sosial untuk berinteraksi dan menjaring peluang kerjasama. Semakin banyak terhubung, semakin besar peluang Anda mendapat job order.
Tetapkan harga yang wajar dan bersaing. Sebaiknya pelajari harga yang dipatok pesaing kemudian baru tentukan harga layanan Anda.


Referensi:

1.      Pemikiran sendiri




Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top